Social Profiles

Pages

Sunday 31 May 2015

Gempa 7,8 SR Guncang Jepang, Tak Ada Korban Jiwa ataupun Tsunami

TOKYO – Gempa berkekuatan 7,8 Skala Richter (SR) dilaporkan mengguncang Jepang. Gempa tersebut berpusat di pesisir timur Jepang.
Seperti diberitakan Asia One, Sabtu (30/5/2015), Negeri Sakura kembali diguncang gempa dahsyat sekira pukul 20.30 waktu setempat. Meski gempa tersebut mengguncang hebat bangunan-bangunan di Tokyo, otoritas keamanan Jepang melaporkan tidak ada korban jiwa.
Berdasarkan keterangan US Geological Survey, pusat kekuatan gempa berada di laut pasifik yang berjarak sekira 870 kilometer dari selatan Kota Tokyo. Tidak ada ancaman tsunami dari gempa tersebut.
Salah seorang warga di Pulau Chichijima, Yoshiyuki Sasamoto, yang mempunyai bisnis penginapan mengatakan, guncangan gempa terasa sangat besar. Pulau Chichijima diketahui sangat dekat dengan lokasi pusat kekuatan gempa.
“Awalnya gempa kecil terasa, dan berhenti. Sesaat kemudian, gempa dahsyat langsung terjadi,” ungkap Sasamoto kepada NHK.
“Guncangan gempa itu terasa sangat kuat sampai-sampai untuk diam berdiri saja saya tidak bisa, apalagi berjalan,” lanjutnya.
Sesaat setelah gempa berkekuatan 7,8 SR terjadi, Bandara Internasional Narita yang merupakan akses utama wisatawan menuju Tokyo langsung ditutup. Semua kereta komuter maupun kereta cepat di Tokyo juga dihentikan sementara, dan pertandingan sepak bola di sana pun dihentikan.

0 komentar:

Post a Comment