Social Profiles

Pages

Tuesday 19 May 2015

Jumlah Pengungsi Rohingya di Indonesia Capai 11.941 Orang

Jumlah Pengungsi Rohingya di Indonesia Capai 11.941 Orang

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan total pengungsi muslim Rohingya yang berada di Indonesia sebanyak 11.941 orang. Ia mengungkapkan hal itu berdasarkan data yang ia terima sampai tahun 2015 ini.
"Perlu saya sampaikan juga, paling tidak data sampai per Maret 2015, sudah ada pengungsi yang berada di Indonesia yang jumlahnya 11.941 orang," ujar Retno di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (19/5/2015).
Retno mengatakan jumlah pengungsi Rohingya tersebut kini masih dalam posisi menunggu untuk diverifikasi maupun menunggu masa penempatan ke negara ketiga.
"Oleh karena itu, saya ingin menekankan sekali lagi, bahwa masalah regular migrant adalah bukan masalah satu atau dua negara, ini adalah masalah regional, dan di tempat lain juga terjadi, sehingga ini juga menjadi masalah Internasional," kata Retno.
Untuk pengungsi Rohingnya yang tiba di Indonesia baru-baru ini, Retno menjelaskan jumlahnya sebanyak 1.346 orang. Gelombang pertama sebanyak 558 orang, selanjutnya sampai gelombang ketiga sebanyak 664, diikuti 47 dan 96 orang.
"Kami sudah bekerjasama dengan UNHCR dan IOM. Kami sudah take care (rawat) mereka, baik dalam bentuk penyediaan shelter, papan, pangan dan obat-obatan yanf diperlukan apabila kondisi kesehatan tidak baik," ucap Retno.

0 komentar:

Post a Comment