Social Profiles

Pages

Sunday 7 June 2015

Trik Membuat Bakso Ikan yang Enak

Trik Membuat Bakso Ikan yang Enak

Bola-bola daging yang lebih kita kenal dengan bakso ada beberapa macam. Ada bakso dari daging sapi, daging ayam, daging ikan, udang, atau cumi. Setiap bakso memiliki warna dan tekstur yang berbeda.
Nah, kali ini kita akan belajar membuat bakso ikan sendiri. Ikuti petunjuk dan timbang bahan sesuai dengan resep pasti bakso buatan Anda tak mengecewakan.
Sebelum membuat bakso ikan ada baiknya kita simak bagaimana cara memilih ikan dan cara mengolahnya dengan baik.
* Memilih Ikan
Jenis dan kualitas ikan sangat menentukan hasil bakso ikan yang kita buat. Pilih ikan bertekstur kenyal dan segar. Contohnya ikan tenggiri yang gepeng. Ikan tenggiri yang bulat kurang lengket teksturnya sehingga hasil baksonya tidak sebagus ikan tenggiri yang gepeng.
* Mengadoni Bakso
Dinginkan ikan sampai dingin benar sebelum diadoni. Mengadoni ikan bisa dilakukan di dalam blender. Masukkan bahan lainnya satu per satu sambil blender dijalankan.
Air yang ditambahkan ke dalam adonan sebaiknya berbentuk es batu yang sudah diserut agar daging ikan menjadi mengerut dan menghasilkan bakso yang kenyal.
Tepung sagu harus dimasukkan terakhir agar adonan bakso tidak jadi keras. Jangan mengganti tepung sagu dengan tepung sagu aren agar warna bakso lebih putih.
* Membentuk Bakso
Bakso dibentuk bulat-bulat dengan tangan . Masukkan adonan ke dalam genggaman. Tekan kelima jari. Adonan akan keluar melalui jari telunjuk dan jempol. Lakukan berulang-ulang dahulu sebelum adonan diambil agar bakso yang terbentuk betul-betul kompak.
Masukkan bakso yang sudah terbentuk segera ke dalam air es agar bakso menyatu dan saat direbus tidak pecah.
* Merebus Bakso
Bakso tidak boleh terlalu lama direndam di dalam air es supaya bakso tidak lembek. Segera angkat bakso bila sebagian adonan sudah dibentuk. Mengangkatnya bisa dengan saringan dan langsung masukkan ke dalam air mendidih. Biarkan sampai matang. Ciri bakso ikan sudah matang, kalau sudah mengembang dua kali lipat (bukan sekadar terapung).
* Setelah Direbus
Angkat bakso yang sudah matang dan tiriskan di atas peniris. Biarkan hingga dingin. Jangan biarkan bakso di dalam air panas terus menerus. Pemanasan harus segera dihentikan begitu bakso matang agar bakso tiedak jadi lembek.
* Menyimpan
Bakso yang sudah jadi dan dan dingin, bisa disimpan di dalam freezer, tetapi ketika dikeluarkan bagian dalam bakso akan berlubang-lubang. Karena daging ketika didinginkan akan memuai dan kembali menyusut setelah berada di suhu ruang. Bagian yang memuai tadi akan menimbulkan lubang setelah bakso menyusut.
Untuk menghindari lubang-lubang tadi, rebus daging segera selagi masih beku, supaya tempat yang memuai diisi oleh air. Tetapi rasa bakso ketika dimakan, akan sedikit berair.

0 komentar:

Post a Comment